Rabu, 02 Januari 2013

Belajar gitar pasti harus di dahului dengan mempelajari kunci gitar terlebih dulu baru kemudian bisa berlanjut ke tahap berikutnya sesuai dengan level pembelajaran gitar anda. Mengusai kunci gitar dan bisa memainkannya dengan baik adalah syarat agar kita bisa memainkan beberapa lagu dari yang gampang sampai yang susah sekalipun. Bicara mengenai kunci gitar sebenarnya sangat mudah dan sangat - sangat mudah bila anda tahu cara untuk melakukannya.
Teori tentang belajar gitar sebenarnya simple yaitu pahami, lakukan dan berkelanjutan, dalam artian kita akan lebih cepat mengusai beberapa permainan gitar baik itu kunci atau melodi gitar jika kita melakukannya secara kontinyu atau berkesinambungan. Contoh : kita akan lebih cepat menguasai gitar bila kita membuat jadwal latihan paling tidak sehari 30 menit tapi rutin akan lebih bagus dari pada sehari anda main 8 jam tapi hari berikutnya tidak main.
Oke kembali ke pembahasan tentang kunci gitar, coba anda lihat beberapa contoh kord gitar di bawah ini dan cobalah memainkannya bergantian dari kunci satu ke kunci yang lainnya.

kunci dasar gitar
Gambar di atas adalah gambar beberapa kunci - kunci dasar gitar yang mungkin sudah tidak asing bagi anda, dan saya yakin kebanyakan dari anda sudah bisa memainkannya dengan baik dan benar, tapi apakah kunci gitar hanya sebatas itu saja? jawabannya dalah tidak. Masih banyak perkembangan kunci gitar yang belum anda ketahui dan belum anda kuasai. Seperti kunci yang di belakangnya mengunakan embel - embel angka seperti C7, C9, C5 dan masih banyak lagi.  
Untuk menghafal, memahami dan mengusai beberapa kunci kembangan dari kunci dasar sangatlah tidak mudah dan butuh kesabaran serta kejelian dalam belajar. Contohnya kita mungkin bisa saja memainkan lagu yang make kunci advance seperti A7 dan yang sejenis tapi apakah kita paham kenapa bisa lagu terebut menggunakan kunci A7 bagaimana cara membuat lagu bisa di aplikasikan A7?. 
Sebenarnya ada trik dan tipnya agar kita bisa dengan mudah mengaplikasikan beberapa kunci kembangan atau kunci jembatan tersebut. coba lihat artikel yang membahas akord penghubung, lihat juga pergerakan akord mayor dan pola gerak akord minor.
Nih saya berikan contoh gambar dari kunci gitar yang sudah di beri embel - embel di belakangnya.
kunci gitar advance

Gambar di atas hanyalah sebagian dari begitu banyaknya kunci atau akord gitar advance yang sudah di kembangkan dengan di beri embel - embel di belakannya. Anda bisa mempelajari dan mendapatkan beberapa bentuk kunci gitar seperti itu dengan software gitarpro semua versi dan dengan melihat gambar - gambar kunci gitar di situs yang menyediakan gambar kunci gitar lengkap.
Sekian dulu dari saya, dan lain waktu saya akan share teori bagaimana dengan mudah membuat kunci A7 dan yang lainnya hanya dengan patokan teori tersebut. Jadi, tunggu saja update artikel berikutnya di sini. Semoga bermanfaat dan salam \m/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar